SMK KENCANA
          ADMINISTRASI PERKANTORAN


Disini, saya akan menjelaskan tentang administrasi perkantoran.

•Pengertian Administrasi Perkantoran
Pengertian administrasi perkantoran secara luas dan administrasi perkantoran secara sempit. Pengertian administrasi perkantoran secara luas adalah suatu kerjasama secara sistematis dan teroordinasi menurut pembagian tugas sesuai dengan struktur organisasi dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sedangkan pemgertian dalam arti sempit adalah semua kegiatan yang bersifat teknis ketatausahaan dalam pelaksanaan pekerjaan operatifoperatif, penyediaan keterangan bagi pimpinan, dan membantu kelancaran perkembangan organisasi.


•Karakteristik Administrasi Perkantoran
a. Bersifat pelayanan (service) pada semua pihak atau orang
b. Merembes dan dilaksanakan oleh semua pihak
c. Hasil akhirnya berupa informasi
d. Bersifat memudahkan
e. Bersifat pengetikan dan penghitungan
f. Dilakukan oleh semua pihak


•Ruang Lingkup Administrasi PerkantoranPerkantoran

Ruang lingkup administrasi perkantoran mencakup dari kegiatan kantor dan saranan fasilitas kerja kantoran. Ruang lingkup administrasi perakantoran adalah sebagai berikut.
1. Kegiatan Kantor
Kegiatan kantor terdiri dari beberapa kegiatan antara lain sebagai berikut:
a. Perencanaan Perkantoran (Office Planning)
b. Pengorganisasian Perkantoran (Office Organizing)
c. Pengarahan Perkantoran (Office Actuating)
d. Pengawasan Perkantoran (Office Controlling)
2.Sarana Fasilitas Kerja Kantoran
a. Lokasi kantor
b. Gedung
c. Peralatan
d. Interior
e. Mesin-Mesin Kantor

•Unsur -Unsur Administrasi Perkantoran
-Organisasi
-Manajemen
-Komunikasi
-Informasi
-Personalia
-Keuangan
-Perbekalan
-Humas

•Tujuan Administrasi Perkantoran

Umumnya, administrasi perkantoran merupakan pekerjaan kantor yang bertujuan menghimpin, mencatat, mengelolah, menggandakan, mengirimdan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam kegiatan kantor. Tujuan-tujuan administrasi perkantoran adalah sebagai berikut...
a. Menghimpun,adalah suatu kegiatan-kegiatan yang mencari data, mengusahakan tersedianya segala informasi yang belum ada sehingga siap untuk digunakan jika diperlukan.
b. Mencatat,ialah kegiatan yang membutuhkan berbagai peralatan tulis informasi sehingga terwujud tulisan yang dapat dibaca, dikirm, dan disimpan.
c. Mengolah,yaitu kegiatan yang mengolah informasi dengan maksud untuk menyajikan dengan bentuk yang lebih berguna
d. Menggandakan,adalah kegiatan yang menyampaikan dengan berbagai cara dan alat.
e. Mengirim,ialah kegiatan yang menyampaikan dengan berbagai cara dan alat yang informasinya terdiri dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.  f. Menyimpan,adalah kegiatan yang menaruh informasi dengan sejumalh cara dan alat dalam suatu tempat yangaman.



Berikut adalah kegiatan Administrasi Perkantoran yang ada di SMK KENCANA:

-Table Manner
Table Manner adalah aturan yang harus dilakukan saat bersantap pada saat kegiatan table manner




Ituadalah foto pada saat kegiatan table manner.

-Beauty Class
Beauty class adalah kelas tutorial make up mulai dari make up sehari hari dan perawatan wajah. 



Itu adalah foto pada saat kegiatan beauty class. 



Sekian informasi tentang administrasi perkantoran.Terimakasih.







Komentar

Postingan populer dari blog ini